Deus News

Bubur Ayam Jakarta 46, Bubur Ayam Enak di Surabaya untuk Sarapan

Termasuk di Surabaya, hidangan andalan untuk sarapan adalah bubur ayam. Makanan ini berupa beras yang dimasak lunak, sehingga menghadirkan tekstur lembut. Rasanya gurih dan nikmat, terlebih jika ditambah topping lezat dan variatif. Seperti halnya sajian Bubur Ayam Jakarta 46, tempat makan bubur ayam enak di Surabaya untuk sarapan.

Suasana pagi Surabaya yang belakangan mendung memang pas untuk menyantap bubur ayam satu ini. Lokasi Bubur Ayam Jakarta 46 sendiri cukup strategis dan terbilang mudah dijangkau. Sudah tersedia pula Google Maps. Namun, sebelum ke sana atau mencobanya via aplikasi online, sebaiknya kenali bubur ayam enak di Surabaya berikut terlebih dulu, yuk!

Alasan Unik Dibalik Nama ‘Bubur Ayam Jakarta 46’

Ketika membaca kata ‘Bubur Ayam Jakarta 46’, kira-kira apa yang Anda pikirkan? Hanya sekadar nama atau letaknya ada di jalan Jakarta. Tentu tidak, dong! Namun, alasannya terbilang unik. Penjual bubur Bubur Ayam Jakarta 46, Eko Purwanto, menjelaskan bahwa makna ‘Bubur Ayam Jakarta’ memang jenis buburnya adalah bubur ayam khas Jakarta, yang identik dengan kuah kuningnya. 

Adapun kuah kuning ala Bubur Ayam Jakarta 46 berupa kari gurih, yang dapat Anda tambah sendiri, karena tersedia di meja makannya. Sementara itu, makna ‘46’ karena Eko Purwanto menyukai MotoGP. Eits, dirinya bukan penggemar Valentino Rossi, melainkan Marc Marquez dengan nomor kendaraan 93. Hanya saja, karena Eko Purwanto merasa kurang sesuai, jadi dirinya menggunakan nomor punggung Valentino Rossi sebagai pelengkap nama buburnya, ‘Bubur Ayam Jakarta 46’.

Cerita Bubur Ayam Jakarta 46 Tercipta

Bubur Ayam Jakarta 46 pertama kali hadir di Surabaya sekitar tahun 2019-2020. Eko Purwanto menuturkan jika bisnisnya ini beringan dengan kabar dan menyeruaknya virus Covid-19 beberapa tahun lalu. Kendati demikian, dirinya terus membuka jualan buburnya, mengingat saat itu kepedulian terhadap kesehatan lebih tinggi, sehingga bisnisnya cenderung ramai.

Tangan ulet Eko Purwanto lah yang bisa menjaga kelezatan buburnya hingga 2024 ini. Ide berjualan bubur sendiri didasari pengalaman saat bekerja di dua buah hotel. Kala itu, dirinya diajari seputar bubur dan terbilang cukup andal. Lebih lanjut, ketika hendak membuka bisnisnya, Eko bimbang antara memilih jenis bubur ayam bandung atau bubur ayam jakarta yang identik kuah kuning. Berhubung eko merasa melihat sisi keunikan pada bubur ayam jakarta, makanya dirinya membuka bisnis tersebut.

Lokasi Strategis di Pinggir Jalan Raya

Lagi pengin makan bubur buat sarapan? Bubur ayam enak di Surabaya alias Bubur Ayam Jakarta 46 adalah solusi tepat. Sembari jalan-jalan pagi, langsung datangi saja lokasinya, sudah ada di Google Maps, kok. Tepatnya di Jalan Raya Lontar, No 10, Lontar, Kecamatan Sambikerep, Surabaya. Pinggir jalan raya persis dan masih dijual gerobakan. Eko Purwanto menuturkan jika dirinya justru lebih suka didatangi pelanggan langsung daripada via aplikasi online.

Berhubung untuk sarapan, jam operasional Bubur Ayam Jakarta 46 berkisar 06.00 – 12.00 WIB. Tempat makan bubur Surabaya ini pun telah ramai sejak jam awal buka hingga pukul 09.00 WIB, terlebih saat weekend. Bila dihari biasa Eko Purwanto bisa menjual 40-50 porsi, diakhir pekan dirinya dapat menjual dua kali lipatnya, 80-90 porsi. Jadi, kalau sedang cari sarapan sebelum berangkat ngantor atau punya waktu luang saat weekend, jangan lupa mampir, ya!

Bubur Gurih dengan Topping Berlimpah 

Sarapan bubur di Bubur Ayam Jakarta 46 dijamin kenyang. Sebab porsinya terbilang banyak, tapi bisa juga pesan setengah porsi jika takut tidak habis. Buat bubur orinya sendiri lembut dengan sensasi rasa gurih. Sebetulnya tanpa diberi bumbu tambahan sudah enak, kok. Namun jika kurang, Anda dapat menuangkan garam, merica, kecap asin, kecap manis, dan kuah kari yang tersedia di mejanya.

Bisa dibilang, hanya ada satu jenis menu Bubur Ayam Jakarta 46, tetapi Anda dapat menambah porsi dan pilihan topping-nya. Untuk bubur ayam ori seharga Rp13 ribu, ini dilengkapi taburan topping beragam, seperti ayam suwir, daun bawang, bawang goreng, cakwe, dan kerupuk yang disajikan dalam mangkuk. 

Jika ingin lebih spesial, tersedia topping tambahan yang dapat Anda dipesan. Buat tambahan ati ampela harga buburnya jadi Rp18 ribu, telur puyuh Rp19 ribu, telur setengah matangnya Rp19 ribu, untuk lengkapnya Rp25 ribu. Nah, jika Anda ingin menambah porsinya, berikut rincian yang perlu dibayar, versi bubur jumbo ori Rp25 ribu dan dengan topping spesial Rp32 ribu.

Tersedia dalam Berbagai Aplikasi Online

Seperti yang sudah disebutkan, bubur ayam enak di Surabaya untuk sarapan, alias Bubur Ayam Jakarta 46 juga bisa dibeli secara online. Adapun platformnya GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. 

Namun, jika memutuskan beli di platform online, harga yang tampil akan lebih mahal, sekitar 25 persen dari harga aslinya. Untuk itulah, Eko lebih senang pembelinya langsung datang ke lokasi. Selain lebih murah, Eko pun turut bahagia saat melihat pelanggannya secara langsung. Tidak jarang juga ada pelanggan yang datang dan memborong dagangan, atau memesan buburnya untuk acara tertentu. Pengalaman kerja sama antara Bubur Ayam Jakarta 46 dan acara hotel pun sempat ada.

Jadi kapan, nih mampir ke Bubur Ayam Jakarta 46? Tempat bubur ayam enak di Surabaya milik Eko Purwanto  ini buka setiap hari, ya! Mulai jam 06.00 – 12.00 WIB. Kalau belum ada waktu bisa juga pesan lewat aplikasi online.