Deus News

Inspirasi Souvenir Pernikahan DIY untuk Pasangan Kreatif

Pernikahan adalah momen istimewa yang selalu ingin diingat oleh setiap pasangan. Salah satu cara untuk membuat momen tersebut semakin berkesan adalah dengan memberikan souvenir pernikahan yang unik dan personal. Bagi pasangan kreatif, membuat souvenir pernikahan DIY (Do It Yourself) bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain lebih personal, souvenir DIY juga bisa menjadi lebih ekonomis dan pastinya akan memberikan kesan tersendiri bagi tamu undangan. Artikel ini akan memberikan inspirasi dan ide-ide kreatif untuk membuat souvenir pernikahan DIY yang bisa dicoba oleh pasangan.

1. Lilin Aromaterapi DIY

Lilin aromaterapi menjadi pilihan souvenir yang elegan dan bermanfaat. Selain memberikan aroma yang menenangkan, lilin juga bisa digunakan sebagai dekorasi rumah. Untuk membuat lilin aromaterapi DIY, pasangan bisa memulai dengan membeli bahan-bahan seperti lilin beeswax atau soy wax, pewarna, dan essential oil dengan aroma favorit.

Pertama-tama, lelehkan lilin dalam panci khusus kemudian tambahkan pewarna sesuai keinginan. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes essential oil dan aduk hingga merata. Tuang campuran lilin ke dalam cetakan atau wadah kecil yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk memasukkan sumbu lilin di tengahnya sebelum lilin mengeras. Setelah lilin mengeras, pasangan bisa menghiasnya dengan pita atau label personal dengan nama dan tanggal pernikahan.

2. Tanaman Mini dalam Pot

Tanaman mini dalam pot adalah souvenir yang ramah lingkungan dan bisa menjadi kenang-kenangan yang hidup bagi tamu undangan. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat seperti sukulen atau kaktus kecil. Tanaman-tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang rumit sehingga cocok untuk dijadikan souvenir.

Untuk membuatnya lebih personal, pasangan bisa memilih pot-pot kecil yang unik dan menghiasnya dengan cat atau stiker. Selain itu, tambahkan label kecil dengan pesan terima kasih atau nama pasangan. Tanaman mini ini tidak hanya akan menjadi dekorasi yang cantik di rumah tamu undangan tetapi juga akan selalu mengingatkan mereka pada momen bahagia pernikahan.

3. Sabun Handmade dengan Aroma Khas

Sabun handmade menjadi pilihan yang tidak hanya unik tetapi juga bermanfaat. Pasangan bisa membuat sabun dengan berbagai bentuk dan aroma sesuai dengan tema pernikahan. Untuk membuat sabun handmade, diperlukan bahan-bahan seperti soap base, pewarna, dan fragrance oil.

Pertama, lelehkan soap base dalam microwave atau double boiler. Setelah itu, tambahkan pewarna dan fragrance oil, aduk hingga merata. Tuang campuran tersebut ke dalam cetakan sabun dengan bentuk yang diinginkan. Biarkan hingga mengeras. Setelah sabun mengeras, keluarkan dari cetakan dan bungkus dengan kertas kado atau plastik transparan. Tambahkan label personal untuk sentuhan akhir yang lebih personal.

4. Potpourri dalam Kantung Kain

Potpourri adalah campuran bunga kering dan bahan-bahan aromatik lainnya yang bisa digunakan untuk memberikan aroma segar di dalam ruangan. Potpourri DIY bisa menjadi souvenir yang menarik dan mudah dibuat. Pasangan bisa memilih bunga kering favorit seperti lavender, mawar, atau chamomile, dan mencampurnya dengan rempah-rempah seperti kayu manis atau cengkeh.

Untuk membuatnya lebih menarik, potpourri bisa ditempatkan dalam kantung kain yang dihias dengan pita dan label personal. Potpourri ini tidak hanya akan memberikan aroma segar di rumah tamu undangan tetapi juga menjadi kenang-kenangan yang indah dari hari pernikahan.

5. Kue Kering dalam Toples Mini

Kue kering selalu menjadi favorit banyak orang dan bisa menjadi pilihan souvenir yang lezat dan personal. Pasangan bisa membuat kue kering dengan resep favorit dan memasukkannya ke dalam toples mini yang cantik. Pilihlah kue kering yang tahan lama dan tidak mudah hancur seperti cookies atau macaroon.

Setelah kue kering siap, masukkan ke dalam toples mini dan tutup rapat. Hias toples dengan pita dan label yang berisi nama pasangan dan tanggal pernikahan. Souvenir ini tidak hanya akan dinikmati oleh tamu undangan tetapi juga akan menjadi kenang-kenangan manis dari momen pernikahan.

 

Kesimpulan

Membuat souvenir pernikahan DIY adalah cara yang kreatif dan personal untuk memberikan kenang-kenangan kepada tamu undangan. Dari lilin aromaterapi, tanaman mini, sabun handmade, potpourri, hingga kue kering dalam toples mini, banyak ide yang bisa dicoba oleh pasangan. Selain memberikan kesan yang lebih personal, souvenir DIY juga bisa lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, pasangan bisa membuat souvenir pernikahan yang unik dan berkesan bersama Anaria, pilihan souvenir pernikahan yang kreatif dan inspiratif.

Baca Juga: Souvenir Pernikahan Elegan, Agar Momen Spesial Lebih Berkesan