Deus News

Makanan Khas Jambi, Ragam Kuliner Unik yang Wajib Dicicipi

Jambi, sebuah provinsi yang kaya akan sejarah dan budaya di pulau Sumatra, juga terkenal dengan kekayaan kuliner yang memikat selera.

Makanan khas Jambi mencerminkan keanekaragaman alam dan budaya lokal, dengan cita rasa yang unik dan bumbu khas yang meresap dalam setiap sajian.

Dari hidangan berbasis ikan hingga variasi sambal yang pedas menggugah, kuliner Jambi menawarkan pengalaman rasa yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga menghangatkan jiwa.

Mari kita jelajahi lebih dalam keistimewaan gastronomi Jambi yang memanjakan lidah dan memperkaya pengalaman kuliner Anda.

1. Tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu Makanan Khas Jambi yang Terkenal yang terbuat dari durian fermentasi. Durian yang telah difermentasi ini menghasilkan aroma yang kuat dan rasa asam yang menjadi ciri khas, dengan tekstur daging buah yang menjadi lembek.

Keunikan inilah yang menjadikan tempoyak populer di kalangan pecinta kuliner. Tempoyak sering dihidangkan sebagai pelengkap makan bersama nasi atau digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sambal.

Selain di Jambi, tempoyak juga terkenal di Palembang dan Lampung, dan bahkan di Kalimantan, tempoyak menjadi makanan favorit terutama saat musim durian.

2. Gulai Terjun

Gulai Terjun adalah salah satu hidangan tradisional dari Jambi yang terbuat dari daging sapi, kambing, atau kerbau. Hidangan ini dimasak dengan aneka rempah dan disajikan dengan kuah yang relatif encer, berbeda dengan gulai pada umumnya yang memiliki kuah kental.

Sebagai pelengkap, gulai terjun biasanya disajikan bersama umbut kelapa. Gulai Terjun sering dihadirkan dalam berbagai acara khusus di Jambi, seperti pernikahan, sunatan, dan acara adat lainnya.

Tradisi menghidangkan gulai terjun ini juga telah ada sejak lama, dimana pada masa lalu, hidangan ini sering dijadikan sajian utama dalam acara kenduri sunnah Rasul.

3. Kue Muso

Kue Muso adalah jenis kue tradisional dari Jambi yang populer sebagai hidangan berbuka puasa selama bulan Ramadan. Kue ini memiliki bentuk mirip mangkuk dengan pinggiran yang dilapisi cokelat.

Dibuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, srikaya pandan, dan cokelat bubuk, Kue Muso menawarkan kombinasi rasa yang unik dan lezat, menjadikannya pilihan yang disukai banyak orang untuk berbuka puasa.

4. Kue Putri Kandis

Kue Putri Kandis merupakan kue basah tradisional dari Jambi yang sering dihadirkan dalam acara adat khas Jambi, seperti adat belanjo.

Adat belanjo adalah bagian dari prosesi pernikahan adat Jambi yang dilakukan sebelum akad nikah, di mana keluarga calon pengantin pria membawa bingkisan atau ‘belanjo’ untuk calon pengantin wanita, termasuk di antaranya adalah Kue Putri Kandis.

Kue ini dikenal dengan tampilan warna-warninya yang menarik, biasanya dengan kombinasi hijau, cokelat, dan kuning, serta memiliki lapisan berlapis-lapis. Kue Putri Kandis kaya akan telur dan gula, menawarkan rasa yang manis dan tekstur yang lembut.

5. Kue Padamaran

Kue Padamaran adalah makanan ringan tradisional yang populer di Jambi. Terbuat dari tepung beras dan santan, kue ini menawarkan cita rasa gurih dan tekstur yang lembut mirip dengan bubur sumsum.

Kue Padamaran memiliki warna hijau yang berasal dari air suji, dan biasanya disajikan dengan kinca gula merah yang dituang di atas serta di dasar kue, menambah keunikan dan kelezatannya.

6. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk adalah variasi kuliner khas dari Jambi yang serupa dengan nasi uduk Betawi. Sering disajikan sebagai menu pembuka, nasi gemuk dibuat dengan bahan dan proses yang sama seperti nasi uduk, melibatkan santan untuk memberi kelembutan dan rasa gurih pada nasi.

Meskipun cita rasanya mirip dengan nasi uduk, perbedaan utama terletak pada asal-usulnya, dengan nasi gemuk berasal dari Jambi dan nasi uduk dari Jakarta.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Lampung yang Menggugah Selera, Bikin Nagih!

7. Mie Celor

Mie Celor adalah salah satu makanan khas Jambi yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diolah bersama sayuran segar seperti tauge dan daun sop.

Mie ini dianggap sebagai sajian yang tidak hanya mengenyangkan tetapi juga dapat mengembalikan energi berkat kuahnya yang hangat dan menyegarkan.

Biasanya, Mie Celor disajikan dengan kuah santan yang kaya rasa, dilengkapi dengan irisan daging ayam atau sapi dan telur, menjadikannya hidangan yang lezat dan memuaskan.