Deus News
agar bawang goreng awet renyah

Tips Agar Bawang Goreng Awet Renyah untuk Penjualan yang Maksimal

Bawang goreng merupakan pelengkap hidangan yang digemari banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah mampu meningkatkan kelezatan berbagai masakan. Bagi para pengusaha kuliner, bawang goreng menjadi salah satu item yang wajib tersedia.

Namun, salah satu kendala yang sering dihadapi adalah bawang goreng mudah melempem dan tidak tahan lama. Hal ini tentu dapat merugikan, terutama bagi mereka yang menjual bawang goreng dalam jumlah besar.

Berikut ini adalah beberapa rahasia agar bawang goreng awet renyah saat dijual:

 

Tips Agar Bawang Goreng Awet Renyah

agar bawang goreng awet renyah

1. Memilih Bawang Merah yang Tepat

Kualitas bawang merah sangat menentukan hasil gorengannya. Pilihlah bawang merah yang matang sempurna, berukuran sedang, dan tidak bertunas. Bawang merah yang terlalu muda atau terlalu tua akan menghasilkan bawang goreng yang tidak renyah.

2. Memotong Bawang Merah dengan Tepat

Ketebalan irisan bawang merah juga berpengaruh pada kerenyahannya. Irislah bawang merah tipis-tipis dan seragam agar matang merata saat digoreng. Gunakan pisau yang tajam agar hasil irisannya rapi dan tidak hancur.

3. Mencuci dan Mengeringkan Bawang Merah

Setelah diiris, cucilah bawang merah dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan sisa kulitnya. Pastikan untuk meniriskan bawang merah dengan sempurna sebelum digoreng. Bawang merah yang basah akan menyebabkan minyak goreng meletup saat digoreng dan membuat bawang goreng tidak renyah.

4. Menambahkan Tepung

Menambahkan tepung maizena atau tepung beras ke dalam irisan bawang merah sebelum digoreng dapat membantu menyerap air dan membuat bawang goreng lebih renyah. Caranya, campurkan 1 sendok makan tepung ke dalam 250 gram bawang merah iris. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit.

5. Merendam Bawang Merah dalam Air Garam

Merendam bawang merah dalam air garam selama 15 menit sebelum digoreng juga dapat membantu membuat bawang goreng lebih renyah dan tahan lama. Gunakan 1 sendok teh garam untuk 250 gram bawang merah iris.

6. Menggunakan Minyak Goreng yang Tepat

Gunakan minyak goreng baru untuk menggoreng bawang goreng. Hindari menggunakan minyak goreng bekas karena dapat membuat bawang goreng berbau tengik dan tidak renyah. Panaskan minyak goreng dengan api sedang agar bawang merah matang merata.

7. Menyimpan Bawang Goreng dengan Tepat

Setelah digoreng, tiriskan bawang goreng dengan kertas tissue untuk menyerap minyak berlebih. Dinginkan bawang goreng sepenuhnya sebelum disimpan. Simpan bawang goreng dalam wadah kedap udara dan jauh dari sinar matahari langsung.

Tips Tambahan:

  1. Anda dapat menambahkan garam atau bumbu lain sesuai selera ke dalam bawang goreng sebelum digoreng.
  2. Pastikan wadah penyimpanan bawang goreng benar-benar kering dan bersih.
  3. Gunakan silica gel di dalam wadah penyimpanan untuk membantu menjaga kelembaban.
  4. Hindari membuka wadah penyimpanan terlalu sering agar bawang goreng tidak terpapar udara lembab.
  5. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama untuk dijual. Bawang goreng yang renyah dan gurih akan meningkatkan kualitas hidangan Anda dan menarik minat pembeli.

Tips untuk Meningkatkan Penjualan Bawang Goreng

  1. Tawarkan berbagai jenis bawang goreng, seperti bawang goreng biasa, bawang goreng pedas, bawang goreng manis, dan lain sebagainya.
  2. Kemas bawang goreng dalam kemasan yang menarik dan informatif.
  3. Promosikan bawang goreng Anda melalui media sosial atau marketplace online.
  4. Berikan layanan pelanggan yang baik untuk meningkatkan kepuasan pembeli.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan penjualan bawang goreng dan meraih keuntungan yang maksimal.

Bosan memotong bawang merah secara manual yang memakan waktu dan tenaga? Ingin menghasilkan bawang goreng yang renyah dan tahan lama secara konsisten? Gunakan mesin perajang bawang!

Mesin perajang bawang dapat membantu Anda menghemat waktu dan tenaga dalam memotong bawang merah. Mesin ini dapat mengiris bawang merah dengan cepat, tipis, dan seragam sehingga menghasilkan bawang goreng yang renyah dan tahan lama.